Senin, Juni 28, 2010

Sejarah Berdirinya FIKOM di UNPI Cianjur

Berkembangnya kebutuhan masyarakat akan adanya teknologi dan komunikasi pada saat ini. Semakin berkembang pula media pendidikan yang dapat menjawab dan memenuhi kebutuhan tersebut, diantaranya tersedia lapangan pendidikan yang mampu memberikan keterampilan dan pengetahuan secara luas dalam bidang teknologi dan komunikasi yang mumpuni guna mengakomodir kemajuan wilayah baik dalam skala lokal, nasional maupun internasional.

Seiring dengan hal tersebut, tahun 2006 Universitas Putra Indonesia mendirikan fakultas baru untuk menjawab seluruh kebutuhan tersebut bagi masyarakat di daerah Cianjur, khususnya para pelajar SMA yang mulai tertarik untuk mempelajari lebih jauh mengenai studi komunikasi. Maka lahirlah Fakultas Ilmu Komunikasi (FIKOM), fakultas paling bungsu diantara 4 fakultas lainnya di UNPI. Dengan konsentrasi ilmu Public Relation (PR) dan Jurnalistik, yang dipimpin oleh seorang Dekan Fakultas bernama Suprayogi, MSi.

Di tahun yang sama, jumlah mahasiswa yang masuk berjumlah 15 orang. Disana belum terbentuk SENAT dan kepengurusannya, ruang laboratorium untuk Fikom pun belum bisa produktif digunakan sampai urusan dosen pun belum secara menyeluruh mendatangkan tenaga professional yang kompeten di bidangnya.

Namun berjalannya waktu, kualitas pun semakin di benahi dalam Fikom saat itu.
Pada bulan Desember 2007, catatan perjalanan kecil Fikom mulai melangkahkan jejaknya, dengan munculnya Buletin Internal “Wahana Kampus” Edisi perdana yang dibagikan secara gratis pada seluruh mahasiswa dan komponen kampus. Selain itu, bertambahnya jumlah mahasiswa untuk angkatan ke-2 yang berjumlah 9 orang membuat Fikom mulai menggeliat untuk mulai membangun kembali apa yang sempat tertunda selama 1 tahun lalu.

Pada tanggal 7 Januari 2008, untuk pertama kalinya FIKOM mengadakan program acara kunjungan (Studi Tour) ke Statsiun Televisi Lokal di daerah Bandung (Bandung Tv) dan dapur Redaksi Koran Harian Republika cabang bandung. Saat itu Asep Didi, S, Sos menjadi dosen pembimbing dan penanggungjawab Studi Tour 16 orang mahasiswa.

Di bulan yang sama, Fikom mulai sepakat mengadakan Musyawarah Besar (MUBES) Fakultas yang pertama kalinya untuk memilih ketua Senat yang akan mengarahkan dan memimpin FIKOM untuk satu tahun kedepannya. Bagaimanapun juga Fikom harus memiliki figur pemimpin untuk tetap meyolidkan barisan dan tidak terpengaruh dengan keadaanya yang kini semakin banyak menemui tantangan dan hambatan yang cukup deras. Pada tanggal 21 Januari 2008, terpilihlah saudara Galih Rahmat Ginanjar (jurusan PR) sebagai ketua Senat Mahasiswa FIKOM untuk periode 2008-2009. Yang pada bulan Mei 2009 lalu, berhasil menyelenggarakan program unggulannya yaitu “Futsal Open Tournament 09” yang diselenggarakan di GGM Panembong.

Tahun 2009 ini, merupakan awal baru dari semangat yang terus berkobar dalam tubuh Fikom. Banyak hal yang perlu kembali dibenahi dan diperbaiki. Hingga pada tanggal 27 Juni 2009, Fikom kembali mengadakan Musyawarah besar (MUBES) yang ke-2 kalinya. Mengawali perjalanan panjang dan PR Fikom yang belum sepenuhnya terealisasi, diputuskanlah saudari Lena Yuliani (Jurusan Jurnalistik) sebagai ketua senat untuk periode 2009-2010 mengalahkan 2 pesaing tangguhnya.

Dipenghujung Bulan Juli mendatang SENAT FIKOM akan kembali menggelar pemilihan ketua senat untuk periode 2010-2011. Banyak agenda kegiatan yang sudah terealisasi dari kepengurusan Lena CS ini. Diantaranya :
* LINGKORAB (Lingkar FIKOM Akrab), ajang silaturahmi dan akrabisasi barudak FIKOM yang diselenggarakan di Guest House Taman Cibodas
* NOBAR (Nonton Bareng Film dalam gelaran acara FIKOM MOvie Freak yang diselenggarakan di Aula gedung Yuyun Moeslim Taher
* FIKOM Goes To SCTV, ajang kunjungan SENAT bertemu staf dan kreatif industri pertelevisian. Yang bawa sejuta pengalaman buat kawan2 FIKOM calon penerus di industri TV...
* Liwet party area
* Kunjungan Sosial kmana-mana
* Riung Bareng FIKOM

Yup, meski 1 agenda lagi yg belum terealisasi yaitu FUTSAL OPEN Tournament FIKOM 2010 yang harusnya dilaksanakan bulan Mei lalu, menjadi agenda besar buat kawan-kawan penerus selanjutnya. Karena waktu dan berbagai kendala yang muncul tak bersahabat, membuat Lena CS menunda pelaksanaan program ini. Dan satu lagi...Wahana Kampus masih tetep ada loh...pengurusan selanjutnya, Buletin Wahana Kampus akan bikin sebuah tren unik bacaan buat semua elemen mashasiswa UNPI. So, tunggu aza yahhh.....

Penulis : Siska Dian Klaresia (PR/8) yang lagi rieut sama skripsi...hehee

0 komentar:

Posting Komentar

Kasiiiih koment yang membangun yaaah....biar tetep semangat nulisnya...hehehe...tp insya allah kita terima apapun juga yang penting Kalian isi buku tamu okay !!!