Jumat, Januari 16, 2009

Minat Baca Pelajar di Perpustakaan Daerah Meningkat



Minat merupakan salah satu disposisi (kecenderungan) individu yang berdasar pada kesenangan dan hasrat yang selalu timbul untuk memiliki atau melakukan sesuatu. Minat seseorang menimbukan motivasi untuk mendapatkan atau melakukan apa yang diminatinya.
Besar atau kecilnya minat yang ada dalam dirinya terhadap sesuatu berpengaruh pada kuat atau lemahnya motivasi yang dimilikinya. Dengan demikian, minat baca seorang siswa akan mempengaruhi motivasinya untuk membaca.
Minat baca lebih banyak dipengaruhi oleh pengalaman atau lesson learn yang telah diperoleh dari lingkungannya baik lingkungan keluarga maupun lingkungan sekolah dan masyarakat. Dari ketiga lngkungan pendidikan tersebut, lingkungan yang dipandang lebih potensial untuk menumbuhkankembangkan minat baca adalah lingkungan pendidikan, terutama yang dikelola melalui jalur sekolah.
Perpusda (Perpustakaan Daerah) memiliki berbagai fungsi untuk meningkatkan pengetahuan dan mencerdaskan masyarakat antara lain fungsi informative, yaitu semua informasi yang dimilikinya sanggup menjawab segala pertanyaan, fungsi edukatif mendidik seluruh anggota, fungsi rekreasi, yaitu sambil belajar denga cara membaca koleksi yang disediakan dan fungsi riset yang menyediakan koleksi untuk keperluan penelitian, semua fungsi yang ada digunakan untuk segenap anggota masyarakat, untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat, dilaksanakan pula Perpustakaan Keliling, untuk memberikan layanan kepada masayarakat yang jauh dari Perpustakaan Daerah. Pelayanan ini dengan menggunakan dua kendaraan Perpustakaan Keliling. Kendaraan Perpustakaan Keliling ini dalam setiap tahunnya melayani enam kecamatan, 12 desa, dan 24 pos layanan perpustakaan keliling.
Selain itu, sekitar 125 – 140 orang pelajar termasuk mahasiswa, datang setiap harinya mengunjungi Perpusda Banyak alasan serta motivasi para pelajar ini untuk datang.
Dan sebagian besar dari mereka, memang termotivasi datang untuk membaca. Terlepas apapun kategori buku yang mereka minati. Hal ini mengindikasikan adanya peningkatan minat baca yang cukup meningkat dari tahun 2007 lalu. Yang hanya mencapai 100 – 120 orang setiap harinya.
“Biasanya, pelajar sekolah yang paling banyak datang. Rata-rata dari mereka meminjam buku Agama dan Buku Fiksi.” tegas Pak Saefudin yang menjabat selaku Fungsional Pustakawan Di ARPUSDA ( Arsip dan Perpustakaan Daerah) Cianjur.
Jumlah Anggota yang terdaftar sampai akhir tahun 2008 pun sebanyak 64.000 orang anggota. Dengan rincian mahasiswa sebanyak 24.000 orang, untuk tingkat SMA sebanyak 16.800 orang, sebanyak 10.000 untuk tingkat SMP dan 610 orang untuk tingkat SD. Sisanya terdiri dari tingkat pegawai dan masyarakat umum.
Melihat kemajuan tersebut, tentu minat baca tersebut harus lebih ditingkatkan lagi dalam wilayah sarana dan prasarananya. Sistem manual yang masih dipergunakan di PUSDA Cianjur, menjadi salah satu wacana yang sedang dibidik untuk meningkatkan kualitas sarana. Yaitu dengan cara berpindah dengan menggunakan system komputerisasi yang telah direncanakan penggunaannya 2 tahun mendatang.
“Mudah-mudahan, tahun 2010 ARPUSDA telah memakai system Komputerisasi dalam pengaplikasian pelayanannya”. Jelas Pak A Muchtar.
Hal ini terkait dengan minimnya anggaran yang dialokasikan untuk kantor ARPUSDA dari Pemerintah Daerah. Meski demikian, penambahan jumlah koleksi buku yang berasal dari sumbangan Perpustakaan Nasional ( Perpusnas ) dan Badan Perpustakaan Daerah Jawa Barat ( Bapuda Jabar ) tengah dalam proses pengiriman. Namun belum dipastikan berapa jumlah buku yang akan diberikan. Karena sampai saat ini, jumlaj koleksi buku di PUSDA sebanyak 11.850 judul buku dengan jumlah 16.526 ekslemplar.
Tak hanya itu, serangkaian acara untuk meningkatkan minat baca pelajar, ialah dengan menggelar Pameran Buku, Pemasangan Umbul-umbul dan pemasangan iklan di beberapa media massa. Serta mengadakan berbagai perlombaan (seperti Lomba pidato dan Lomba Resensi Buku) untuk pelajar dan mahasiswa.
Kegiatan yang selalu rutin dilakukan setiap tahun ini, jelas cukup menarik respon dan antusiasme pelajar untuk semakin dekat dan mencintai buku.

( chika )

0 komentar:

Posting Komentar

Kasiiiih koment yang membangun yaaah....biar tetep semangat nulisnya...hehehe...tp insya allah kita terima apapun juga yang penting Kalian isi buku tamu okay !!!