Jumat, Januari 16, 2009

Omset Turun, Jualan Tetap Jalan



Sop Buah boleh jadi makanan favorit di Bulan Puasa. Namun dalam cuaca yang tidak menentu serta hujan yang kerap sering mengguyur seperti sekarang, membuat sebagian dari pedagang Sop Buah hilang harapan untuk terus berjualan. Karena bisa dipastikan dalam kondisi dingin, jarang pelanggan yang akan datang membeli untuk jajanan yang memakai campuran es.
Namun tidak, bagi Asep Aung (22). Warga Desa Pamoyanan ini tetap istiqomah untuk terus berjualan Sop Buah. Meskipun kondisi cuaca terus menerus hujan, tak pernah menyurutkan semangatnya dalam mengais rezeki berdagang Sop Buah.
Bersama rekannya, Dede (21), Asep tetap berjualan setiap hari disekitar pintu masuk utara Hypermart. Ia biasa memulai usahanya mulai jam 10.00 pagi sampai jam 20.00 malam setiap harinya. Tempat mangkal jualannya ini, sudah sangat lama ia tempati, sehingga tak heran jika orang-orang sekitar sudah hapal betul dengan Sop Buah nya.
“ Sudah 2 tahun saya mulai jualan, kira-kira pas bulan puasa 2007 lalu. Awalnya cuma iseng, eh jadi keterusan.” tuturnya.
Hujan, memang jadi kendala menantang baginya. Dapat dipastikan omset penjualannya turun dengan significant. Jika pada hari-hari biasa ia bisa memperoleh keuntungan bersih sebesar Rp 500.000/hari, maka pada cuaca hujan seperti sekarang ia hanya bisa memperoleh keuntungan setengahnya saja.
“Alhamdulillah, yang beli mah ada aja, meski rugi terus jalani aja.” tegasnya.
Sedangkan untuk anggaran belanja keperluan jualan seperti membeli buah-buahan, susu cair dan penyediaan es, kadang ia harus merogoh kocek yang lebih untuk memenuhinya. Karena harga buah-buahan pun kadang tak menentu. Sehingga ia harus menyesuaikan budget yang dikeluarkan dengan keuntungan yang akan didapatkan.
Sop buah “ngeroompy” Asep, boleh jadi hanya satu-satunya yang masih bertahan berjualan, karena ketika didatangi dibeberapa titik tempat biasa Sop Buah dijajakan di jalan-jalan protokol Cianjur, tak terlihat satupun pedagang Sop Buah yang melakukan aktivitas berjualan.
Inilah modal utama yang dimiliki Asep. Semangat juang dalam memenuhi kebutuhan hidup dan tak pernah menyerah dalam menekuni bidang usahanya.

0 komentar:

Posting Komentar

Kasiiiih koment yang membangun yaaah....biar tetep semangat nulisnya...hehehe...tp insya allah kita terima apapun juga yang penting Kalian isi buku tamu okay !!!