Senin, November 10, 2008

Tantangan bagi pengurus Organisasi

Sejak bergulirnya reformasi, ruang penyampaian pendapat dibuka seluas-luasnya baik di depan umum maupun lewat media. Tidak ada lagi tindakan refresif, tidak ada lagi mahasiswa yang ditahan karena bersikap keras terhadap pemerintah dan pemerintak tidak lagi alergi dengan demonstrasi mahasiswa. Mencermati situasi ini sebuah keniscayaan organisasi mahasiswa harus merubah paradigma. Harus ada warna kekinian yang menjiwai gerakan organisasi mahasiswa.

Penulis merumuskan paling tidak ada 3 paradigma baru yang mesti menjadi roh organisasi mahasiswa. Pertama, ideologi kemanusiaan. Organisasi mahasiswa sampai hari ini masih terjebak pada persoalan ideologi yang membuat mereka saling bertarung satu sama lain. Akibatnya, terjadi perebutan lahan dan kader-kader baru. Hal ini menjadi kontra produktif dalam penyelesaian masalah-masalah bangsa. Oleh karena itu, perlu dilakukan migrasi dari ideology sektaria menuju ideologi kemanusiaan yang bersifat universal. Kedua, aksi berbasis intelektual. Selama ini demonstrasi yang dilakukan oleh organisasi mahasiswa cenderung tidak matang karena emosi dan keharusan respon yang cepat. Sehingga pembahasan konsep tidak matang.
Ketiga, tak sekedar wacana, organisasi mahasiswa memang telah berhasil membentuk kader yang kritis, vokal dan pintar beretorika, namun persoalan tidak terpecahkan hanya lewat diskusi dan tataran teori saja. Oleh karena itu, wacana yang diusung oleh mahasiswa juga mesti menyentuh aspek-aspek aplikatif. Misalnya ketika mahasiswa marah karena pemerintah menaikkan harga BBM seharusnya dibarengi dengan aksi nyata membudayakan memakai sepeda di setiap penjuru negeri.

Demikian 3 tantangan yang menjadi pekerjaan rumah khususnya bagi para pengurus organisasi mahasiswa, dan mahaiswa secara general keseluruhan, yang mesti segera ditindaklanjuti. Mudah-mudahan dengan dinamisasi ini, organisasi mahasiswa tetap eksis dalam peran perubahan bangsa menuju rakyat yang adil, makmur, dan sejahtera. (C - as3)

Sumber: grelovejogja.wordpress.com

0 komentar:

Posting Komentar

Kasiiiih koment yang membangun yaaah....biar tetep semangat nulisnya...hehehe...tp insya allah kita terima apapun juga yang penting Kalian isi buku tamu okay !!!